Jumat, 04 Januari 2008

Pengobatan Alternatif - Tapak Dara

Klasifikasi
Tapak Dara disebut Catharanthus roseus (L) G Don, atau Ammocallis rosea Small, atau Lochmera rosea Reich, atau Vinca rosea. Termasuk ke dalam famili tumbuhan Apocynaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Rutu-rutu, atau kembang sari cina, atau kembang serdadu, atau cakar ayam.

Sifat Kimiawi
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain Alkaloid terdapat lebih dari 70 macam alkaloid pada akar, batang, daun dan biji, antara lain 28 bi-indole alkaloid. Alkaloid anti Kanker seperti vinblastinc (VLB), vincristine (VCR), leurosine (VLR), vincadioline, leurosidine, catharanthine, lochnerine, Alkaloid yang berefek hypoglycemic (menurunkan kadar gula) antara lainleurosine, catharanthine, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, dan vindolinine.

Efek Farmakologis
Antineoplastik (anti kanker), sitostatika, hipotensif (penenang), menyejukkan darah, menghentikan pendarahan. Dalam farmakologi Cina memiliki rasa edikit pahit, sejuk, dan toxic.

Bagian tanaman yang digunakan
Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman dalam keadaan segar atau dikeringkan.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya
1. Kanker: Limpa (peny. Hodgkin), leukemia, limfisarkoma, choironic epithelioma.
Tapak dara 15 gram direbus dengan api kikecil sebanyak 5 gelas air hingga tersisa 1-2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum beberapa kalihingga habis dalam sehari.
2. Hipertensi, kencing manis, dan pendarahan akibat penurunan jumlah trombocyt Tapak dara (6-15) gram direbus dan disaring lalu diminum.
3.Acute Lymphocyticm icukemia Tapak dara 15 gram direbus dan disaring lalu diminum.

Label: , , , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda