Jumat, 04 Januari 2008

Manfaat Buah Jali

J a l i


Klasifikasi
Jali disebut Coix lacrhryma jobi L atau Coix agrestis Lour, termasuk ke dalam famili tumbuhan Poaceae (Gramineae). Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Singkoru batu, Hanjeli, Kemangge, Bukehang, dan Kaselore.

Sifat kimiawi
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui antara lain: B i j i: Protein, lemak, karbohidrat, vitamin B1, asam amino, coixol, coixenoloid, coicin. A k a r: Coixol, asam palmitate, asam stearat, stigmasterol, betha dan gamma stosterol, potassium chloride, glucose, asam amino, tajin, phytin, dan vitamin B1. D a u n: Alkaloid.

Efek farmakologis
A k a r: Manis, tawar dan sedikit dingin bila masuk meridian limpa. Dapat menguatkan limpa, peluruh kencing (diuretic), anti radang (anti inflamasi), mematikan serangga (insectisisdal), dan anti toxic.
B i j I : Manis, tawar, sedikit dingin bila masuk meridian limpa, paru, dan ginjal. Untuk memperkuat limpa dan paru, meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas), bersifat sitostatika, menghilangkan lembab, peluruh kencing, anti radang, membantu penyerapan, mengeluarkan nanah, anti toxic, dan menyembuhkan bisul. Dapat mengganggu sel kanker pada tingkat metaphase. Meningkatkanfungsi cortex adrenal, imunitas, dan fungsi humoral.

Bagian tanaman yang digunakan. Efek farmakologi ini diperoleh dari akar dan biji.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan Cara penggunaannya
Berdasarkan berbagai literature yang mencatat pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit:
1..(15-30) gram akar kering direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas, diminum setelah dingin sebanyak 2 kali., untuk menyembuhkan penyakit:
Infeksi dan batu saluran kencing, kencing sedikit, dan kencing bernanah,
Bengkak (edema), Tidak dating haid, keputihan (leuchorcha),
Sakit kuning (jaundice), cacingan (ascariasis),
Radang usus (enteritis) kronis, usus buntu,
Rheumatisan seperti sakit otot (mialgia), sakit tulang (ostalgia),sakit sendi (arthralgia)..
2. (15-60) gram biji kering direbus dengan 6 gelas air sampai 2 gelas, didinginkan dan disaring, lalu diminum 2 kali, untuk menyembuhkan penyakit:
Abses paru, kuitil (warts), eksema
Tumor saluran pencernaan seperti kanker lambung, kanker paru, kanker mulut rahim (cervis), Charionicepitheliama.
3. (10-15) gram akar kering, digodok lalu dipakai untuk menyeduh madu secukupnya, minum 3 kali sehari, untuk menyembuhkan penyakit [i][b]Radang paru, demam, dan batuk sesak.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda