Jumat, 04 Januari 2008

Tanaman Obat Alternatif--Cakar ayam

Tumbuhan ini termasuk divisi Pteridophyta yaitu paku-pakuan. Banyak tumbuh pada tebing2, jurang dan tempat2 teduh berhawa dingin. Batang tegak, tinggi (15-35) cm, Akar keluar pada percabangan, Daun; kecil2, panjang (4-5) mm, berbentuk corong, ujung meruncing, pangkalnya rata, warna bagian atas hijau tua dan bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri dan kanan batang induk sampai ke percabangannya yang menyerupai cakar ayam dengan sisik2nya.

Klasifikasi
Cakar ayam disebut Selaginella doederleinii hieron, termasuk ke dalam famili tumbuhan Selaginellaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah rumput solo atau cemara kipas gunung.

Sifat kimiawi
Kandungan kimia tumbuhan ini yang sudah diketahui antara lain: Saponin, Phytosterol, dan Alkaloid.

Efek Farmakologis
Tumbuhan ini bersifat: Antipiretik (penurun panas), Anti toxic, Anti Kanker (antineoplastik), Hemostatik (menghentikan pendarahan), Anti bengkak (anti oedem), Pembersih darah, Stomakikum. Dalam farmakologi cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa manis dan sifat hangat.

Bagian tanaman yang digunakan
Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman, baik pemakaian kering ataupun segar.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan Cara penggunaannya
Berdasarkan berbagai literature yang mencatat pengalaman secara turn-temurun dari berbagai Negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan:
1. Kanke r (Kanker rahim, kanker nasopharynx, Kanker paru, Chorioepithelioma, Choriocarcinoma). 60 gram tanaman direbus selama (3-4) jam dengan api kecil, lalu diminum setelah dingin.
2. Infeksi saluran nafas (Batuk, Radang paru, Radang amandel, Serak, Brinchitis). 30 gram tanaman direbus dan diminum baik hangat ataupun dingin.
3. Jari tangan Bengkak. Dilumat lalu ditempelkan ke tempat yang bengkak.
4. Tulang patah (termasuk faktur dan rematik). (15-30) gram tanaman kering direbus lalu di minum. Sebagai obat luarnya dan bila patahnya tertutup adalah dengan dilumat lalu di tempelkan ke tempat yang patah.
5. Hepatitis, Cholecytitis, Cirrosis (pengecilan hati), Perut busung (ascites), Infeksi akut saluran kencing. (15-30) gram tanaman kering direbus selama (3-4) jam, lalu diminum.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda